Tips Ramadhan

on Aug 11, 2011

Aduh , sungguh mengecewakan aku hari ini. Di ramadhan ini semangat untuk beribadah lagi turun. Ya Allah, kenapa jadi seperti ini? Aku juga bingung ini, setan masih pada berkaliaran di sekeliling kita. Bagaimana tips untuk menghadapi ini semua?? Sedikit berbagi tips ramadhan agar ramadhan menjadi lebih bermakna.
1.       Puasa kok lemes???
Bulan ramadhan memang bulan yang wajib untuk berpuasa bagi umat muslim di seluruh dunia. Nah, biasanya waktu pada puasa, bawannya lemes aja. Di ajak olahraga, gak mau, di ajak kerja berat dikit, “aduh, lagi puasa nih.” Wah kalau kayak gitu, parah dong. Memangnya kalau lagi puasa harus lemes dan bermalas – malasan gitu ya?? Hemmm, pada saur krupuk kali ya?? Hahaha .

Buat temen – temen yang masih muda, malu dong sama yang tua, mereka aja, meskipun puasa tetap bekerja keras, lihat ibumu yang tidak pernah mengeluh harus mengerjakan pekerjaan rumah, nyuci, ngepel, nyapu, masak, dan kawan – kawannya itu. Lihat ayahmu yang berangkat pagi – pagi , sore baru pulang dari kerja buat nyari uang, nafkahin keluarga. Kamu jangan mau kalah dong sama mereka, kamu yang masih segar bugar, tenaganya masih banyak, eh malah lemes. Makannya kalau sahur, harus cermat juga dalam memilih makanan apa yang akan kamu makan, khususnya bagi kamu yang merasa jadi ANAK KOS. Biasanya anak kos asal aja makannya, yang penting murah dan mengenyangkan. Hmmm, gizi dan kesehatan gak tau di daftar ada di no. berapa?? Ya, meskipun ada juga yang mempertimbangkan hal itu, tapi mungkin hanya beberapa.
Biar gak lemes, pada waktu makan sahur perhatikan hal ini:
-          Porsi makan yang normal aja. Tidak usah menambah porsi agar awet kenyang. Justru kalau makan TERLALU BANYAK akan menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Tapi, juga jangan makan terlalu sedikit, kalau begini cadangan energimu kurang sehingga menyebabkan lemes dan tidak konsentrasi.
-          Makanlah dengan perlahan. Gara – gara bangun kepagian alias udah mendekati imsak, biasanya makannya marathon karena takut gak keburu. Padahal, hal ini kurang baik. Makan yang terlalu cepat dapat mengganggu kadar gula dalam darah sehingga dapat mengakibatkan tubuh cepat lapar. Proses makan yang terlalu cepat menyebabkab tubuh bekerja ekstra dalam menyerap nutrisi makanan. Sehingga, penyerapan nutrisi kurang sempurna dan mengakibatkan lemas.
-          Perbanyak minum air putih. Memang yang satu ini tidak ada duanya. Air putih selalu memberikan kebutuhan tubuh. Daripada  minum yang manis – manis waktu sahur, lebih baik minum air putih. Memang yang manis mengandung gula, yang jelasnya gula juga memberikan energi bagi tubuh, namun energy itu akan cepat habis.
-          Konsumsi karbohidrat dan serat. Karbohidrat perlu dikonsumsi waktu makan sahur karena dalam karbohidrat ini terkandung energi yang cukup untuk disimpan selama kita menjalankan ibadah puasa. Contohnya : nasi, gandum, roti gandum, dll. Hal ini baik bagi tubuh. Kemudian jangan lupa makan makanan berserat, seperti sayur – sayuran. Sayur juga akan membantu tubuh kita supaya tidak lemas saat berpuasa.
-          Minum susu.  Susu juga akan membantu anda ketika berpuasa, karena kandungan gizi yang ada pada susu juga cukup. Namun, jangan lupa tetep minum air putih.
-          Yang lain – lain bisa dibaca di postingan berikutnya. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA. Jangan lemes. Hari gini puasa kok lemes??? 
SEMANGAT!!!

0 comments:

Post a Comment

Let's comment aboout this