SQL Developer error?

on Dec 9, 2011
Hmmm, kali ini saya pengen berbagi sedikit tips untuk mengatasi error di SQL Developer. Pernah nggak SQL temen - temen tuh error, tiba - tiba gak bisa di backspace, gak bisa di enter, cuma bisa ditulisin. Hmmm, kalau temen - temen bingung gak tau gimana cara benerinnya, nih saya punya solusinya. Tapi, saya pengen cerita dulu. Kebetulan waktu saya ngerjain Basis Data menggunakan SQL Developer - nya Oracle, tiba - tiba syntax yang saya tulis gak bisa di hapus pake backspace, nggak bisa di enter. Oh, God! gimana ini? Bingung mode on -__-". Jadi semenjak SQL sakit, saya dengan teman sekelompok kalau ngerjain basdat harus ngetik syntax di notepad, habis itu baru di copy di SQL, baru di run satu - satu. Kayak gitu. Kalau misal mau nambahin syntax lain, ya buatnya di notepad kemudian di copy ke SQL.

Kita coba tanya ke asisten praktikum, suruh install raptor. Raptor itu sama aja kayak SQL, punya Oracle juga. Tapi gak puas pake raptor, nggak seperti SQL. Hehehhe, akhirnya ketemu asisten yang lain, terus curhat mengenai kegalauan kita gara - gara si SQL nya sakit :D. Terus dilihat sama asisten, kemudian dibenerin di Tools - nya. Eh, bisa. Wew, alhamdulillah ya Allah. Terima kasih asisten , akhirnya SQL - ku sembuh + dapet ilmu baru mengenai penyembuhan penyakit ini.

Ternyata, gak cuma saya aja nih yang mengalami kejadian demikian. Jadi, temen saya ngasih ide gimana kalau hal ini di- share di blog. Emmm, iya boleh juga. Jadi seperti ini, jika SQL Developer temen - temen mulai ada tanda - tanda sakit ( gak bisa dihapus , backspace - enter jadi gak fungsi ), coba deh buka Tools.

Langkah pertama, buka SQL Developer dan pilih menu Tools:



Setelah itu pilih preferences


setelah klik preferences, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini:

pilih accelerators, kemudian klik load Preset sebagaimana gambar di samping.











setelah itu pilih default dan klik OK.  Insya Allah setelah itu, SQL Developer temen - temen akan sembuh :)

Itu dia temen - temen tips dari saya. Semoga pengetahuan kecil ini bisa bermanfaat :D

0 comments:

Post a Comment

Let's comment aboout this